Monday, January 13, 2014

SMK Negeri 1 Lelea Juara Pertama Kebersihan Lingkungan Sekolah


SMK Negeri 1 Lelea Juara Pertama Kebersihan Lingkungan Sekolah

Meskipun tanpa persiapan khusus dan diistimewakan, SMK Negeri 1 Lelea ternyata mampu menjadi juara pertama Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah (SMK) tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, belum lama ini.

Menurut Drs. Rachmat Heriwan, Kepala SMKN 1 Lelea, pengumuman hasil Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah (SMK) tingkat Kabupaten Indramayu itu disampaikan dalam suatu rapat dinas bersama para Kepala Sekolah, berdasarkan hasil penilaian para juri, atas nama Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. Pengumuman disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu (Dr. H. Suhaeli, M.Si.).

Persiapan istimewa menghadapi lomba itu memang tak ada. Namun, seluruh komponen sekolah mulai dari guru, tata usaha, siswa, warga masyarakat, dan komite sekolah terlibat secara keseluruhan mulai dari persiapan dan pembinaan sampai SMKN 1 Lelea terpilih sebagai juara.

“Sejak kapan persiapan dan pembinaan itu dilakukan?” tanya MH kepada Drs. Rachmat Heriwan, di kantornya.

“Pada intinya tidak ada persiapan yang istimewa,” jawabnya.

Lantas, bagaimanakah cara kepala sekolah membina para staf sehingga dapat mencapai prestasi tersebut? Rupanya lelaki kelahiran Bandung pada Minggu 12 Januari 1964 itu sebagai kepala sekolah setiap bulannya selalu mengadakan rapat dinas dan evaluasi seluruh guru dan staf tata usaha khususnya yang menyangkut kedinasan, terutama pendidikan karakter bangsa.

Pendidikan karakter inilah, tampaknya, yang mengubah perilaku para warga sekolah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Apakah tak ada kendala yang dihadapi?” tanya MH.

“Masih ada hambatan untuk menyadarkan tingkah laku para siswa dalam kedisiplinan dan kebersihan,” katanya. Kendala itu pun dicoba dijawab dengan solusi berupa selalu memberikan saran dan arahan di setiap acara upacara bendera, khususnya terkait aspek perilaku hidup bersih dan rapih.

“Bagaimana respon pada guru dan pegawai tata usaha atas prestasi tersebut?”

Rupanya, mereka sangat mendukung dan selalu ingin mempertahankan prestasi tersebut. Khusus para siswanya, mereka ingin lebih meningkatkan prestasi guna mencapai yang lebih baik.(sayama)

0 Comments:

Post a Comment