Tuesday, March 4, 2014

Teknik Membaca Yang Baik








Teknik Membaca Yang Baik

1.      Tumbuhkan rasa ketertarikan. Jika yang dibaca itu kurang menarik carilah sesuatu yang membuat menarik minat, misalnya gurunya yang mengajar menyenangkan, akan menambah pengetahuan atau agar ulangan mendapat nilai yang tinggi atau dapat saja misalkan kita bayangkan seolah2 sedang membaca sebuah komik
2.      Jaga kesehatan. Dalam membaca buku jarak yang dianjurkan menurut kesehatan adalah 16 inci atau 30 cm. Jika dalam jarak tersebut tulisan kurang jelas maka perlu diperiksakan pada dokter mata mungkin menderita rabun dekat atau jauh. Jangan lupa penerangan yang cukup pada waktu membaca yaitu 15 sampai 20 watt dengan memakai bolam bukan lampu neon. Karena lampu neon cahayanya berpendar sehingga tidak baik untuk mata. Meletakan lampu hendaknya diatas atau dibelakang jangan didepan karena akan menyilaukan mata sehingga mata cepat lelah. Juga perlu disediakan lampu untuk penerangan ruangan.
3.      Dengan penuh kesungguhan. Suatu pekerjaan jika tidak dikerjakan dengan kesungguhan hanya akan membuang waktu dan energi. Misalnya membaca dengan mendengarkan musik, makan atau nonton tv. Hal2 tersebut harus dihentikan. Agar dalam membaca nantinya sungguh2, perlu kiranya kita menentukan tujuan dari membaca buku atau bab ini adalah untuk....(diisi dengan yang kita baca). Sehingga dari menetapkan tujuan tersebut dapat diketahui dan dibatasi apa yang akan kita baca apakah masih berkaitan dengan tujuan kita atau tidak.
4.      Kenapa harus lambat. Membaca tidak ubahnya seperti kita naik motor kadang perlu cepat atau lambat. Kapan saat membaca dengan cepat? Yaitu pada saat apa yang kita baca tidak terlalu memerlukan penalaran yang sulit misalnya membaca komik, cerita, kisah2. Sebaiknya jika yang kita baca perlu penalaran lebih, mungkin perlu dibaca berulang2 agar paham. Agar dapat membaca dengan cepat kita perlu melatihnya yaitu cobalah membaca 30-45 menit tiap hari, berapa halaman yang sudah dibaca lalu hari kedua berapa halaman lagi yang sudah dibaca. Jika dari hari kehari mengalami penambahan jumlah halaman berarti sudah berhasil meningkatkan kecepatan membacanya. Ulangi sampai minimal 4 minggu.
5.      Dalam hati saja. Karena jika diucapkan akan memperlambat kecepatan membaca. Hal ini dikarenakan kecepatan mata dalam membaca tulisan lebih cepat dari pada bibir dalam mengucapkan kata2. juga agar tidak mengganggu konsentrasi orang lain yang satu ruangan dengan kita misalnya diperpustakaan
6.      Konsentrasi. Konsentrasi dalam membaca sangat diperlukan agar yang kita baca dapat kita pahami. Oleh karena itu perlu dikondisikan suasana tenang dalam membaca. Akan sulit konsentrasi jika ada suara2 gaduh disekitarnya misalnya suara radio atau TV yang terlalu keras, meja kursi yang kurang nyaman, kalau perlu matikan dulu TV atau radionya. Jika ada kepentingan yang tidak mendesak tunda dulu untuk mengerjakannya. Dalam konsentrasi ini usahakan pikiran tetap pada yang kita baca jangan melayang2 jika melayang2 kembalikan pada tujuan kita membaca. Perlu diingat “Pikirkan yang kita kerjakan, kerjakan yang kita pikirkan”.
7.      Membuat ringkasan. Hal yang sering dilewatkan dalam membaca biasanya adalah membuat catatan berupa ringkasan. Ringkasan ini perlu dibuat karena daya ingat manusia sangat terbatas, sehingga sulit untuk mengingat semua yang dibaca. Ringkasan sebaiknya berupa poin2 atau rumus yang penting saja. Dalam membuat ringkasan lebih baik berupa kartu kecil agar mudah dibawa kemana2, ingat ringkasan tidak untuk mencontek tetapi untuk membantu mengingat yang kita baca.  

0 Comments:

Post a Comment