Monday, October 20, 2014

Tips Membersihkan Kaca atau Lensa Scanner


  Tips Membersihkan Kaca atau Lensa Scanner

Bookmark and Share
Scanner adalah alat yang sangat bermanfaat yang memungkinkan untuk membuat salinan digital dari segala macam dokumen fisik atau benda lainnya. Sangat penting untuk memastikan kaca/lensa scanner tetap bersih sehingga menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.


Membersihkan kaca sebenarnya mudah, hanya saja jika tidak dilakukan dengan terampil akan mengakibatkan kerusakan pada kaca/lensa scanner. Kerusakan itu ditandai dengan munculnya tanda garis pada gambar hasil scan, dan itu sangat merugikan bagi Anda karena gambar yang dihasilkan tidak lagi berkualitas tinggi. Berikut ada tips dari kami agar Anda menjadi terampil dalam membersihkan kaca/lensa scanner.

Langkah 1: Kondisikan Power Scanner OFF
Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mempersiapkan scanner untuk dibersihkan adalah pastikan scanner dalam kondisi mati (power: OFF) dengan menekan tombol power, serta pastikan pula kabel power telah dicabut dari sumber arus listrik. Kemudian buka scanner sehingga kaca/lensa-nya bisa terlihat oleh Anda.

Langkah 2: Memilih Alat Pembersih
Untuk membersihkan kaca/lensa scanner gunakan kain bebas serat yang lembut dan non-abrasif, seperti kain pembersih untuk kacamata.
Jika bingung coba ketik di google “Miclenz Lens Cleaner”, itu adalah alat pembersih yang direkomendasikan.

Langkah 3: Membersihkan Kaca
Pada scanner ADF sebelum membersihkan kaca sebaiknya tray dilepas agar tidak menghalangi. Mulailah dengan membasahi kain dengan larutan pembersih kemudian gosok secara perlahan seluruh permukaan kaca/lensa hingga bersih.

Langkah 4: Mengeringkan Permukaan Kaca
Setelah Anda selesai membersihkan kaca/lensa gunakan “Rubber Hand Blower” untuk mengeringkan permukaannya.

Langkah 5: Memeriksa Kaca
Periksa permukaan kaca/lensa dari coretan atau kotoran. Jika Anda telah melewatkan sesuatu, ulangi langkah 3 dan 4 sampai permukaan kaca/lensa scanner benar-benar bersih.

Langkah 6: Menggunakan Scanner (Testing)
Setelah kaca/lensa scanner dibersihkan, Anda tutup cover/feeder-nya dan pastikan kabel power serta USB terpasang kembali. Kemudian hubungkan kabel power dengan sumber arus listrik sehingga scanner dalam kondisi menyala (power : ON). Setelah itu Anda coba scanning beberapa lembar dokumen untuk memastikan kondisi kaca/lensa telah bersih. Bila ternyata gambar hasil scan ada tanda (titik-titik) pada scanner flatbed atau tanda garis pada scanner ADF berarti masih ada kotoran pada permukaan kaca/lensa, sehingga langkah 3 hingga 5 diulangi lagi.

Langkah 7: Merawat Scanner
Anda tentu ingin scanner yang dimiliki bisa bertahan lama dan bekerja dengan optimal, ada sedikit saran dari kami. Gunakan scanner Anda dengan sewajarnya. Jika volume kertas yang di scan banyak, jangan gunakan scanner Anda secara terus-menerus tanpa berhenti. Scanner juga perlu istirahat, dalam sehari pastikan scanner berhenti 5 kali dengan durasi 15 – 30 menit dengan posisi feeder/cover terbuka agar mesin menjadi dingin kembali.

Bila Anda ingin proses scanning berjalan terus-menerus sebaiknya menggunakan dua scanner sehingga bisa Anda jadwalkan penggunaanya.

Semoga tips membersihkan kaca/lensa scanner ini bermanfaat untuk Anda.

0 Comments:

Post a Comment