Tuesday, March 28, 2017

,

Membangun JaringanKomputr Sederhana Dengan 2 BuahKomputer




Membangun Jaringan KomputerSederhana Dengan 2 Buah Komputer: Tidak banyak alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membangun jaringan komputer sederhana dengan 2 buah komputer. Kita hanya membutuhkan 2 buah komputer yang sudah memiliki lancard dan kabel UTP dengan model cross yang keduaujungnya sudahmemiliki konektor RJ45.



Setelah semua per
lengkapan ada, mari kita mulai membangun jaringan komputer sederhana, namun sebelumnya kita anggap 2 bua hkomputer yang sudah ada tadi adalah komputer A dan B. Berikut ini langkah membangu njaringan komputer sederhana dengan 2 buah komputer:

* Hubungkan komputer A dan B dengankabel UTP yang sudah kita miliki. Lihat indikator pada komputer, biasanya ada lampu yang menyala.
* Pada komputerA, klik [Start], klik [Control Panel], pilih [Network Connections].
* Klik kanan pada [Local Area Network], lalupilih [Properties].
* Pilih [Internet Protocol (TCP/IP)], laluklik [Properties].




* Pilih radio button [Use the following IP address:].
* Pada [IP address], masukkan 192.168.0.1, pada [Subnet mask], masukkan 255.255.255.0, danuntuk [Default Gateway] kosongkansaja.




* Setelah selesai klik [OK]. Settingan pada komputerA sudahselesai.
* Yang kita lakukan selanjutnya adalah mensetting padakomputer B. Semua prosesnyasama dengans ettingan pada komputer A, yang berbeda hanya pada IP addressnya. IP address padakomputer B adalah 192.168.0.2 atau 192.168.0.3 atau 192.168.0.4, danseterusnya. Kita ambilcontoh 192.168.0.2.




* Setelahsemuaselesai, yang kita lakukan adalah melakukan ping darikomputer A kekomputer B atau dari komputer B kekomputer A.

0 Comments:

Post a Comment