Tuesday, July 4, 2023

, ,

Perbedaan Permainan Kasti dan Softball


 

Permainan Kasti

Kasti merupakan bagian dari olahraga yang menggunakan bola kecil. Dalam praktiknya, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok; pemukul dan penjaga. 

Pada masing – masing kelompok terdapat 12 pemain. Teknik dalam olahraga ini adalah melempar, menangkap, dan memukul.  

Kelompok pemukul memiliki tugas untuk memukul bola supaya bola tersebut tidak ditangkap oleh kelompok penjaga. Tak hanya itu, kelompok pemukul juga wajib berpindah pos hingga akhirnya dapat kembali.

Sementara, kelompok penjaga bertugas untuk menangkap bola dan mengenai bola tersebut ke tubuh lawan main yang masih berada di area bebas. Jika bola tersebut mengenai tubuh lawan, maka terjadilah pergantian permainan. Maksudnya, kelompok yang pada awalnya pemukul menjadi penjaga dan sebaliknya. 

Permainan Softball

Sementara, Softball juga merupakan bagian dari olahraga bola kecil. Dalam praktiknya, olahraga ini dimainkan oleh dua tim. Namun masing – masing tim terdiri dari hanya 9 anggota pemain. 

Para pemain memiliki posisi dan tugas yang berbeda. Terdapat batter, pitcher, catcher, first baseman, second baseman, third baseman, short stop, outfielder.

Batter merupakan pemukul dalam Softball. Pitcher bertugas untuk melemparkan bola. Catcher memiliki peran sebagai penjaga home base. First baseman menjalankan fungsinya dalam menangkap bola dari fielder. 

Second baseman menjalankan tugasnya untuk mengambil bola yang jatuh pada area penjagaannya. Third baseman bertugas untuk melemparkan bola ke base pertama dalam rangka mematikan pelari dari pihak lawan. 

Short stop menjalankan tugasnya dalam meneruskan atau memotong lemparan bola dari out field. Outfielder berperan untuk menjaga batas di dekat garis batas lapangan. Outfielder dibedakan menjadi tiga yakni right fielder, centre fielder, dan left fielder.

Perbedaan Softball dan Kasti

1.    Bola

Bola softball memiliki warna kuning atau putih. Bola ini terbuat dari campuran bahan karet dan gabus. Sementara, bola kasti terbuat dari bahan karet atau kulit pada bagian luar dan untuk bagian dalam memiliki isi yakni sabut kelapa.

Ukuran dan berat bola kasti dan softball pun berbeda. Bola kasti memiliki keliling 21 cm dengan berat mencapai 80 gram. Sementara bola softball mempunyai keliling 31 cm dengan berat hingga 200 gram.

2.    Lapangan

Gambar dan Ukuran Lapangan Softball
Gambar dan Ukuran Lapangan Softball

Bentuk dari lapangan atau arena permainan kasti dengan softball sangatlah berbeda jauh. Jika dalam permainan softball, bentuk lapangannya adalah seperempat lingkaran.

Dalam seperempat lingkaran itu, terdapat area untuk memukul, berlari, melempar dan menangkap bola. Sementara kalau kasti, bentuk lapangannya bukan seperempat lingkaran melainkan persegi panjang. 

3. Alat Pemukul

Alat pemukul pada softball berbahan balok kayu dengan diameter mencapai 6 cm. Panjang bat softball maksimal 87 cm dan beratnya mencapai 1100 gram.

Sedangkan untuk alat pemukul pada bola kasti terbuat dari kayu yang berbentuk stik dengan panjang 50 hingga 60 cm dan diameter 5 cm.

Berikut tadi adalah informasi mengenai perbedaan permainan kasti dan softball. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Comments:

Post a Comment