Tuesday, July 4, 2023

,

siapa itu panji gumilang

 





siapa itu panji gumilang ? 

        Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang atau biasa dipanggil Panji Gumilang (lahir 30 Juli 1946) adalah seorang pendidik yang mendirikan Yayasan Pondok Pesantren Al-Zaytun pada 13 Agustus 1996.

Di Pesantren Al-Zaytun, ia menerapkan Sistem Pendidikan Satu Pipa (One Pipe Education System) yaitu sistem pendidikan yang tidak terputus mulai dari tingkat dasar atau Madrasah Ibtidaiah hingga Perguruan tinggi

Syekh Abdussalam Panji Gumilang adalah personifikasi Ma’had Al-Zaytun. Pendiri dan pemimpin pondok pesantren modern (kampus) ‘Pusat Pendidikan dan Pengembangan Budaya Toleransi serta Pengembangan Budaya Perdamaian’ ini seorang pelopor pendidikan terpadu (kampus peradaban). Pernah belajar di Ponpes Gontor dan Alumni IAIN (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat ini seorang guru yang mengandalkan manajemen ‘kekitaan’ bukan ‘keakuan’.


Latar belakang 

Panji Gumilang lahir di Desa Sembung Anyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, pada tanggal 30 Juli 1946. Masa kecil Panji Gumilang dilalui dengan belajar di Sekolah Rakyat (SR) di pagi hari dan belajar mengaji di langgar sore harinya. Setelah selesai di SR, Panji Gumilang melanjutkan pendidikannya ke Pondok Modern Gontor tapi tidak sampai lulus (tamat sekolah). Kuliah di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab, dan aktif di HMI Cabang Ciputat.

Pada 24 Mei 2003 ia dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Management, Education and Human Resources oleh IMCA (International Management Centres Association) - Revans University, universitas action learning tidak terakreditasi yang berbasis di Buckingham, Inggris dan Amerika Serikat. Dalam sambutan pada acara penganugerahan gelar Doktor ini, Dr. Anthony Hall selaku Direktur Regional dan Asosiasi Profesor IMCA menyebut beberapa pertimbangan penganugerahan gelar tersebut, antara lain, karena Panji Gumilang dianggap berjasa melakukan perubahan dalam transformasi kependidikan di Indonesia, yaitu mewujudkan ide baru dalam sebuah paradigma baru pendidikan Islam melalui Al-Zaytun



0 Comments:

Post a Comment